Rabu, 18 Juli 2012

KEBERHASILAN KOMUNIKASI DALAM BERBISNIS


KEBERHASIAN KOMUNIKASI DALAM BERBISNIS

(sumber : Komunikasi Bisnis , Drs. Djoko Purnomo, MBA)

Hubungan Komunikasi
Untuk mencapai tujuan suatu organisasi, diperlukan adanya suatu proses komunikasi yang dapat mentransfer pesan-pesan dari pengirim ke penerima pesan. Secara umum komunikasi mempunyai dua fungsi penting dalam organisasi  yaitu :
  1. komunikasi memungkinkan orang-orang untuk saling bertukar informasi
  2. komunikasi membantu menghubungkan sekelompok anggota dalam organisasi yang terpisah dari anggota lainnya.
Umumnya organisasi sangat tergantung pada komunikasi untuk mencapai tujuannya.
Berikut adalah kegiatan organisasi yang berkaitan dengan pertukaran informasi :
  1. Menetapkan tujuan
  2. Membuat dan melaksanakan keputusan
  3. Mengukur prestasi kerja
  4. Merekrut dan mengembangkan staf
  5. Pelayanan pelanggan
  6. Negoisasi dengan Pemasok
  7. Membuat produk
  8. Berinteraksi dengan peraturan yang ada

Pola Komunikasi
Secara umum pola komunikasi dapat dibedakan ke dalam saluran komunikasi formal dan saluran komunikasi non formal. Yang dibahas dalam komunikasi formal adalah :
  1. Komunikasi dari atas ke bawah
  2. Komunikasi dari bawah ke atas
  3. Komunikasi horizontal
  4. Komunikasi diagonal
  5. Keterbatas komunikasi formal
Saluran Komunikasi Informal
Dalam jaringan komunikasi informal, orang-orang yang ada dalam suatu organisasi tanpa mempedulikan jenjang hierarkhi , pangkat dan kedudukan /jabatan dapat berkomunikasi secara luas, meskipun hal yang diperbincangkan bersifat umum, seperti mengobrol tentang keluarga, humor atau sinetron dsb.
Cara Mengelola Komunikasi
Dua hal yang perlu diperhatikan dalam hal mengelola komunikasi, pertama bagaimana menagani pesan-pesan yang bersifat rutin, kedua bagaimana menangani krisis komunikasi.
Komunikasi yang merupakan keterkaitan antara individu-individu dengan organisasi mempunyai peranan yang cukup penting bagi berjalannya fungsi-fungsi dalam suatu organisasi. Beberapa kegiatan organisasional  yang ada dalam suatu organisasi mencakup penentuan tujuan, pengambilan keputusan, pengukuran hasil kerja, pengembangan staf, keterkaitan dengan konsumen, negosiasi dengan pemasok, menghasilkan produk, dan interaksi dengan peraturan yang ada.
Meningkatkan keterampilan Komunikasi
Beberapa keterampilan khusus yang diperlukan dalam komunikasi bisnis :
  1. membaca
  2. mendengar
  3. percakapan menarik
  4. wawancara
  5. berdiskusi dengan kelompok-kelompok kecil
  6. berpidato dan presentasi
  7. menulis surat, memo, dan laporan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar